Kandang Sapi di Kubu Raya Diseprot Disinfektan

sapi kurban diawasi
Petugas kesehatan hewan memeriksa kondisi sapi milik penjual di Kecamatan Sungai Raya. Foto: DOK/ruai.tv
Advertisement

KUBU RAYA, RUAI.TV – Petugas dari Dinas Perkebunan dan Perternakan Kalimantan Barat, melalukan penyemprotan disinfektan ke kandang sapi. Tindakan ini sebagai antisipasi merebaknya penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak sapi.

Sementara dalam waktu dekat, warga memerlukan ternak sapi sebagai hewan kurban. Mereka harus memastikan hewan kurban ini dalam kondisi sehat sehingga layak konsumsi.

Baca juga: Bidan Desa Susuri Sungai Krio untuk Vaksinasi Warga

Advertisement

Pemerintah terus mengawasi para peternak. Para petugas gabungan bersama Polri, menyebar melakukan pengecekan di sentra-sentra ternak.

Para petugas yang mengenakan alat pelindung diri untuk melakukan penyemprotan di seluruh area kandang. Penyemprotan pada Kamis (07/07/2022) mereka lalukan di kandang ternak sapi milik warga Jl Parit Haji Muksin, Kecamatan Sungai Raya, Kabupten Kubu Raya.

Baca juga: Rp 20 Juta, Bantuan Perumahan di Kapuas Hulu

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalimantan Barat, M. Munsif, mengatakan penyemprotan disinfektan menjadi cara mencegah penularan PMK ke sapi kurban.

Menyelang perayaan Idul Adha, pengawasan kian ketat untuk memastikan kesehatan sapi-sapi yang hendak dikurbankan. Selain di Kabupaten Kubu Raya, penyemprotan akan menyasar sentra ternal lainnya di provinsi ini. (RED)

Advertisement