Miras Asal Malaysia Masuk Sekayam Lewat Jalur Tikus

miras Malaysia
Petugas patroli menemukan sebuah dus berisi miras asal Malaysia di semak-semak. Foto: IST/ruai.tv
Advertisement

SEKADAU, RUAI.TV – Minuman keras (miras) asal Sarawak, Malaysia Timur, memasuki kawasan Indonesia melalui jalur tikus di perbatasan Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Jalur tikus merupakan sebutan terhadap jalan-jalan setapak melalui kawasan hutan, yang menghubungkan perbatasan kedua negara.

Berbagai jenis miras ini masuk wilayah Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, di Desa Lubuk Sabuk. Tindak penyeludupan dari kawasan Sarawak, melalui berbagai jalur tikus yang ada di area ini.

Namun, tindakan penyeludupan miras ini terendus oleh personil TNI dan Bea Cukai yang berjaga di kawasan perbatasan itu. Personil ini berasal dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 645/Gardatama Yudha dan Pos Bantu Bea Cukai Segumun.

Advertisement

Baca juga: Konsul Malaysia dan Wali Kota Pontianak Rencanakan Kerjasama

Mereka menahan sebuah dus miras yang mereka dapati pada Jumat (26/08/2022). Petugas menduga, penyeludup melakukan sistem jaringan terputus, sehingga tidak bisa mendeteksi pelaku.

Dansatgas Pamtas Yonif 645/Gardatama Yudha, Letkol Inf Hudallah, mengatakan, personilnya menemukan dus berisi miras itu di semak-semak yang tertutup dedaunan. Petugas memenukannya saat melakukan patroli rutin di beberapa jalan tidak resmi di kawasan perbatasan tersebut.

Satu dus minuman keras itu mereka serahkan ke Kantor Bea Cukai Entikong, Kabupaten Sanggau, sebagai mana prosedur biasanya untuk proses lanjutan.

Baca juga: Judi Online di Desa Kapur, 9 Orang Ditangkap Polisi

Letkol Inf Hudallah menyebut, wilayah perbatasan sangat rawan terhadap tindak penyeludupan barang dan orang. Para petugas memperketat pengawasan, terutama di jalur tidak resmi atau jalan tikus, bersinergi dengan Polri dan parapihak.

Apalagi, kawasan Kecamatan Sekayam dan Entikong, merupakan daerah yang berbatas langsung dengan Sarawak, Malaysia Timur dengan banyaknya jalan tikus. (RED)

Advertisement