Turis Bule Nikmati Ketupat Colet di Keraton Matan

turis bule di Ketapang
Penyerahan cinderamata kepada turis asing di Keraton Matan, Ketapang. Foto: DOK/ruai.tv

KETAPANG, RUAI.TV – Sejumlah wisatawan asing berkunjung ke Keraton Matan di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Para turis bule ini merupakan peserta West Sumatera Yacht Rally 2022.

Di keraton, mereka menghadiri agenda yang telah dipersiapkan sebelumnya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang. Kunjungan tersebut berlangsung pada Sabtu (14/05/2022).

Baca juga: Meriam “Padam Pelite”, Penanda Waktu Berbuka di Keraton Matan

“Ketapang termasuk daerah yang indah dan memukau di Indonesia ini,” ucap seorang turis melalui penerjemah, di hadapan kerabat Keraton Matan.

Asisten I Sekretariat Daerah bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Edi Radiansyah, hadir mewakili bupati. Selain itu, hadir pula para jajaran Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkompimda), serta para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Baca juga: 604 Tahun Ketapang, Ziarah Makam Keramat Sembilan

Berbagai atraksi seni dan budaya menyambut kedatangan para turis bule. Termasuk, ritual penyambutan dengan tradisi tepung tawar. Pertunjukan seni berupa Tarian Jepin khas Melayu.

Untuk kuliner, terhidang Ketupat Colet khas Ketapang. Mereka menikmati hidangan spesial ini sambil mendengarkan musik gambus. Di penghujung acara, para turis mengunjungi bagian-bagian keraton, untuk melihat peninggalan para peluhur yang masih terpelihara di sana.

Edi Radiansyah mengharapkan, West Sumatera Yacht Rally 2022 bisa memberi dampak positif di bidang kepariwisataan. Sebab selama dua tahun pandemi COVID-19, sektor ini terbilang paling terdampak.

Baca juga: Tak Ada Peringatan, Jembatan Wisata Pulau Datok Nyaris Ambruk

Larangan berkunjung bagi wisatawan, karena pandemi, membuat penghasilan dari sektor pariwisata menjadi seret.

“Saya mengharapkan, para wisatawan asing ini menyampaikan testimoni kepada masyarakat, teman dan kerabatnya di negara asal. Sehingga semakin ramai lagi turis yang berkunjung ke Ketapang,” ujar Edi Radiansyah. (RED)