Banjir Terjang Jembatan Pelang Sungai Melayu

banjir di Pelang Ketapang
Pemotor berusaha menerobos banjir berarus kuat di jalan poros Pelang, Kabupaten Ketapang. Foto: DOK/ruai.tv
Advertisement

KETAPANG, RUAI.TV – Banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi, menerjang Jembatan Penggadungan. Jembatan ini berada di ruas Jl Pelang Sungai Melayu, Kecamatan Sungai Melayu Rayak (SMR), Kabupaten Ketapang.

Terjangan banjir terhadap jembatan ini terjadi pada Kamis (04/08/2022) pagi. Sebelumnya curah hujan yang deras mengakibatkan genangan di sekitar lokasi itu.

Baca juga: Harga Sawit Terbaru di Kalbar Periode Kedua Juli 2022

Advertisement

Arus air dari genangan ini pun cukup kuat. Sejumlah kendaraan roda dua sampai mogok, karena mesinya terendam. Pengendara masih nekad menerobos banjir, sehingga mengakibatkan mesin kendaraan terendam.

Camat Sungai Melayu Rayak, Rino, menjawab konfirmasi media, menyebut, kedalaman air di jalan poros tersebut sebenarnya tidak terlalu tinggi. Hanya sekitar ketinggian setengah lutut orang dewasa.

Baca juga: Rayu Adik Ipar Berujung Pembunuhan Mertua di Sambas

“Tapi arus airnya cukup deras, karena ada aliran air dari bukit di atas jalan itu. Panjang luapan air yang mengenai jembatan sekitar 10 hingga 15 meter,” kata Rino.

Selain melanda di Jembatan Penggadungan di jalan poros itu, banjir juga menggenangi Desa Jairan Jaya. Arus air cukup deras di desa ini, hingga menyebabkan satu mobil hanyut.

Baca juga: Dugaan Mafia BBM Bersubsidi di Ketapang, Ini Sikap Pemda

“Jika hujan reda, kemungkinan air berangsur surut. Namun jika hujan berlanjut, besar kemungkinan air bakal naik kembali,” ujar Rino. (RED)

Advertisement