Orangutan yang Tersesat di Kebun Kelapa Tempati “Rumah Baru”

Pelepasliaran Jala, orangutan jantan yang sebelumnya tersesat di kebun warga di Kayong Utara. Foto: courtesy Biro Hubungan Masyarakat KLHK/ruai.tv

KAYONG UTARA, RUAI.TV – Satu individu orangutan, yang sebelumnya terdeteksi tersesat di kebun kelapa warga di Kayong Utara, Kalimantan Barat, beberapa waktu lalu, kini telah dilepasliarkan ke alam.

Melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi ruai.tv, Jumat (07/05/2021), Kepala Balai Taman Nasional Gunung Palung, M. Ari Wibawanto, mengatakan, primata itu telah dipindahkan atau ditranslokasikan ke kawasan hutan Taman Nasional Gunung Palung (Tanagupa) di wilayah Resort Batu Barat, Desa Batu Barat, Kecamatan Simpang Hilir.

“Kami akan tetap memonitor pergerakan orangutan tersebut selama berada di kawasan Gunung Palung dan memastikan dapat hidup aman, baik, dan sehat,” ujar Ari.

Baca juga: Orangutan Berkeliaran di Kebun Kelapa Warga

Sebelumnya, ruai.tv memberitakan, satu individu orangutan tersesat di kebun kelapa warga di Desa Penjalaan, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara. Keberadaannya terekam kamera amatir warga setempat.