Harga Ikan Semah Sangat Fantastis di Malaysia

harga ikan semah perkilo
Ikan semah ukuran kecil. Foto: courtesy Herkulanus Sutomo Manna/ruai.tv

KAPUAS HULU, RUAI.TV – Harga ikan semah per kilo bikin berdecak. Bisa menjadi sangat fantastis, apalagi di pasaran Negeri Jiran, Malaysia.

Ikan semah, satu jenis spesies ikan air tawar yang masih ada di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. IKan ini memiliki harga jual fantastis di Sarawak, Malaysia.

Kabupaten Kapuas Hulu berbatasan darat dengan wilayah Malaysia Timur, yang bisa dijangkau melalui border atau Pos Lintas Batas Antar Negara (PLBN) Nanga Badau. Border ini terhubung dengan Lubok Antu, Biawak Distric di Sarawak.

Ketua Badan Pelaksana Harian Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (BPH AMAN) Kapuas Hulu, Herkulanus Sutomo Manna, kepada ruai.tv, Rabu (17/02/2021) mengatakan, ikan semah berukuran di atas lima kilogram dihargai RM 300 di Sarawak, atau setara Rp 1 jutaan.

Baca juga: Nuba Akbar Oleh Masyarakat Sungai Ambalau

“Hutan terjaga. Sumber air terus mengalirkan air yang jernih dan bebas dari racun. Ambil ikan secukupnya untuk makan sehari-hari. Maka kami bisa memperoleh ‘ikan sultan’ ini cukup dengan turun ke sungai dan memasang pukat,” tutur tokoh muda Dayak perbatasan ini.

(Baca selanjutnya dengan klik pages 2)