Arsip

Tugu Khatulistiwa Objek Wisata Pilihan Wisatawan

Tugu Khatulistiwa di Kecamatan Pontianak Utara, Kalbar. (Foto/ruai.tv)
Advertisement

PONTIANAK, RUAI.TV – Tugu Khatulistiwa menjadi salah satu objek wisata pilihan wisatawan jika berkunjung ke Kota Pontianak.

Berlokasi di Kecamatan Pontianak Utara, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar lima hingga dua puluh ribu rupiah per orang.

Pontianak adalah salah satu kota yang dilintasi garis Khatulistiwa, dan memiliki monumen bersejarah yang dikenal dengan Tugu Khatulistiwa.

Advertisement

Tugu ini terletak di Kecamatan Pontianak Utara, tidak jauh dari Makam Kesultanan Pontianak di Kelurahan Batu Layang.

Tempat ini menjadi salah satu pilihan utama wisatawan saat berkunjung ke Kota Pontianak. Selain keindahan tugu yang menarik, pengunjung juga bisa menikmati berbagai kuliner khas Kota Pontianak dan membeli kerajinan tangan sebagai oleh-oleh.

Sambil menikmati kuliner di area Tugu Khatulistiwa, pengunjung juga bisa menikmati suasana di Pantai Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia, yang lokasinya hanya beberapa meter dari Tugu Khatulistiwa.

Pengelola Tugu Khatulistiwa, Kasnawi, menjelaskan bahwa tingkat kunjungan wisatawan setiap tahun terus meningkat ke lokasi ini. Para wisatawan yang ingin melihat Tugu Khatulistiwa dikenakan tarif dari lima ribu hingga dua puluh ribu rupiah per orang.

“Pengunjung yang banyak datang ke objek wisata Tugu Khatulistiwa juga memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM di wilayah tersebut,” kata Kasnawi, pengelola Objek Wisata Tugu Khatulistiwa.

Ia menambahkan, Para pelaku UMKM mengaku, produk dagangan yang mereka jual laris manis, sehingga dapat mendongkrak ekonomi mereka dan juga Kota Pontianak.

Untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, pihak pengelola Tugu Khatulistiwa juga memanfaatkan berbagai platform sosial media sebagai media promosi. (Ari)

Advertisement