Arsip

Penjabat Gubernur Kalbar Tinjau Banjir di Sosok, dan Serahkan Bantuan

Pj Bupati Sanggau, Suherman mendampingi Penjabat Gubernur Kalbar Harisson meninjau lokasi banjir di Sosok. (Foto/BPBD Kalbar)
Advertisement

SANGGAU, RUAI.TV – Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, melakukan kunjungan ke wilayah terdampak banjir di Sosok, Kecamatan Tayan Hulu, Kabupaten Sanggau, pada Jumat, 18 Oktober 2024.

Dalam kunjungannya, Harisson meninjau langsung kondisi banjir yang merendam pemukiman warga serta menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak.

Harisson di dampingi oleh Kepala Satuan Kerja Operasional dan Pemeliharaan Sumber Daya Air, Fadiah, yang menjelaskan faktor-faktor penyebab banjir di Kalimantan Barat, termasuk di antaranya pembukaan lahan yang masif yang telah mengurangi daerah resapan air.

Advertisement

Fadiah menyoroti bahwa alih fungsi lahan secara besar-besaran menjadi salah satu penyebab utama banjir karena air hujan tidak lagi terserap oleh tanah, melainkan meluap dan menyebabkan banjir di berbagai tempat.

Selain itu, Fadiah mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengusulkan rencana induk penanganan banjir di wilayah Sungai Kapuas ke pemerintah pusat.

Usulan tersebut mencakup kajian menyeluruh yang di harapkan dapat disetujui, sehingga berbagai instansi, termasuk Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS), bisa berperan dalam penanganan banjir di Kalimantan Barat.

Dengan adanya kajian tersebut, di harapkan upaya penanganan banjir dapat dilakukan secara terpadu oleh berbagai pihak terkait.

Advertisement