Roadmap Penyelamatan pangan Rampung Desember 2012

Kondisi pemenuhan hak atas bahan pangan yang layak termasuk hak atas air penduduk di kabupaten sambas dan bengkayang sudah semakin terancam dan perlu mendapatkan perhatian dari semua pihak.

Masuknya investasi pertambangan dan perkebunan skala besar menjadi penyebab hal tersebut terjadi.

Dalam workshop roadmap perlindungan produksi pangan mandiri kabupaten sambas dan bengkayang yang digelar pontianak institut di pontianak pada 26 hingga 27 november 2012, dibahas upaya penyelamatan produksi pangan di dua kabupaten tersebut dengan menyusun kerangka kertas kerja yang dapat dijadikan masukkan untuk mendorong adanya perlindungan mekanisme produksi pangan turun temurun dan lahan-lahan produksi guna menjamin penikmatan hak atas bahan pangan yang layak termasuk hak atas air.

Ide penyusunan roadmap tidak hanya dari pontianak institute, namun juga dari peserta workshop yang hadir yang terdiri dari masyarakat serta pemerintah kabupaten sambas dan bengkayang, LSM, NGO dan Akademisi.

Pontianak institut menargetkan, roadmap tersebut akan selesai desember 2012 mendatang, setelah itu akan disampaikan ke pemkab sambas dan bengkayang.::Raydatodi

 

[youtube]http://youtu.be/GsQAlcoK0NE[/youtube]