Stok Oksigen Kritis di RSUD Agoes Djam Ketapang

stok oksigen kritis di Ketapang
Tabung oksigen di sebuah rumah sakit di Ketapang. Foto: Agustiandi/ruai.tv

Laporan wartawan ruai.tv, Agustiandi dari Ketapang.

KETAPANG, RUAI.TVStok oksigen kritis terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Agoes Djam di Kabupaten Ketapang. Manajemen rumah sakit berupaya mencari pasokan dari berbagai sumber.

“Stok oksigen di rumah sakit benar-benar kritis hari ini,” ujar Kepala Bagian Penunjang Medik RSUD dr. Agoes Djam, dr. Maria, saat ruai.tv menghubunginya, Jumat (30/07/2021) malam.

Rumah sakit rujukan COVID-19 di Kabupaten Ketapang itu kekurangan stok oksigen, setelah mesin produksi sederhana dari pihak ketiga di rumah sakit tersebut rusak total. Sejak siang tadi, pihak rumah sakit harus memutar otak agar persediaan tetap aman.

Baca juga: Zona Merah Ketapang: Agoes Djam Ubah Fungsi Ruang, Fatima Tambah 40 Bed

“Satu harian ini, kami sudah cari (oksigen) ke mana-mana. Kami coba ke bandara (Rahadi Oesman), kami bawa ke sana 10 tabung. Itu pun mungkin malam ini jam 9 ini baru bisa kita ambil. Dan 10 tabung itu pun sudah sangat berharga buat rumah sakit pada saat ini,” ujar dr. Maria.

Selain dari pabrik sederhana (yang kini dalam kondisi rusak), RSUD dr Agoes Djam juga membeli oksigen dari Toko Karya Baru. Namun juga sangat terbatas, karena harus berbagi dengan rumah sakit lain.

“Kebutuhan oksigen di rumah sakit sangat banyak. Mana yang benar-benar memerlukan itu yang kami kasih kan,” lanjutnya.

(Baca selanjutnya dengan klik pages 2)