OPINI: Memahami Istilah Pandemi

Memahami Istilah Pandemi
Ilustrasi virus corona: unsplash.com

PONTIANAK, RUAI.TV – Sejak virus corona atau COVID-19 melanda dunia, orang semakin sering mendengar  kata pandemi dan sebaiknya memahami istilah pandemi. Karena tidak jarang, ada juga yang keliru mengucapkannya sebagai epidemi. Sepintas mirip, tetapi dua istilah ini sangat berbeda.

Memahami istilah pandemi, di antaranya dengan mengutip situs alodokter.com. Situs tersebut menulis, pandemi adalah wabah penyakit yang terjadi secara luas di seluruh dunia. Karena, penyakit ini sudah menjadi masalah bersama bagi seluruh warga dunia.

Penyakit yang sudah menjadi pandemi, tidak lagi terbatas pada satu atau dua negara. Tetapi sudah menyebar sampai ke seluruh negara di dunia ini.

Baca juga: BOR atau Tingkat Hunian Rumah Sakit, Ini Maknanya bagi Masyarakat

Mengutip dari situs theconversation.com, Rebecca S.B. Fischer, Assistant Professor of Epidemiology, Texas A&M University, menulis, pandemi memiliki cakupan internasional dan berada di luar kendali.

“Dalam pengertian yang paling klasik, ketika sebuah epidemi menyebar ke beberapa negara atau wilayah di dunia, ia sudah dianggap pandemi,” tulis Prof. Rebecca.

Nah, muncul istilah epidemi. Dan ini merupakan kondisi sebelum pandemi. Penulis yang sama menjelaskan, epidemi adalah wabah yang menyebar di area geografis yang lebih luas.

Baca juga: Nakes di Pontianak Meninggal Terpapar Virus Corona

Selanjutnya baca dengan klik pages 2