Suka Mendaki dan Berkemah, Tempat Ini Bisa Jadi Pilihan

Suasana Bukit Sepancong di Desa Cipta Karya, Kecamatan Sungai Betung, Bengkayang. Foto: Dok/ruai.tv

BENGKAYANG, RUAI.TV – Bukit Sepancong di Desa Cipta Karya, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang, menjadi objek wisata yang menawarkan konsep pendakian dan perkemahan.

Area ini baru mulai menampakkan geliatnya sejak pandemi akibat Covid-19 mulai mewabah di awal 2020. Meski, dalam kondisi yang tidak pasti, jalur pendakian sempat beberapa kali ditutup.

Baca juga: Kampung Pecinan di Pontianak Dongkrak Daya Tarik Wisata

Kini, telah dibuka kembali dengan penerapan protokol kesehatan bagi para wisatawan. Ternyata, objek wisata ini dikelolah oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat.

Kepala Desa Cipta Karya, Calvin, mengatakan, BUMDes Bukit Sepancong menjadi alternatif sumber pendapatan masyarakatnya.

Baca juga: Telur Berdiri Tegak Saat Kulminasi Matahari di Pontianak

“Pernah kami mendapatkan Rp 10 juta dalam satu bulan. Dari Maret 2020 ke Januari 2021 sudah mendapatkan Rp 103 juta,” kata Calvin, Sabtu (20/03/2021).

Karena itu, keterlibatan masyarakat secara langsung diperlukan, sehingga perekonomian mereka ikut terdongkrak. BUMDes telah menerapkan sistem kerja sama kekeluargaan dengan pola bagi hasil.

Baca juga: Warga Kampung Caping di Pontianak Bangun Teras Terapung

“Tempat ini hanya kami buka Jumat, Sabtu, Minggu, sehingga tidak mengganggu aktivitas para petani dan warga desa yang terlibat,” ujar Calvin.

Calvin berharap, jika BUMDes terkelola dengan baik, masyarakat setempat pun bisa mendapatkan hasilnya. Selain sebagai objek wisata, pengelolaan yang baik diusahakan agar wisata alam ini turut menjaga kelestarian lingkungan. (ROB)