Peternak Kambing di Bengkayang Khawatir Wabah

penyakit ternak kambing
Ternak kambing milik Ngatijo di Bengkayang. Foto: DOK/ruai.tv

BENGKAYANG, RUAI.TV – Informasi mengenai adanya penyakit mulut dan kuku (PMK) membuat khawatir peternak kambing di Kabupaten Bengkayang. Selain menyerang ternak sapi, ternak kambing juga bisa terkena penyakit ini.

Satu di antara peternak kambing, Ngatijo, mengatakan, harus ada antisipasi terhadap penyakit yang mungkin akan menjadi wabah. Dan harapan itu dia gantungkkan kepada pemerintah daerah.

Baca juga: Hewan Ternak Demam, Pincang, Berliur, Waspadai Penyakit Ini!

“Mudah-musahan lah pemerintah memberi penyuluhan. Kita orang awam ini belum tahu juga jenis-jenis penyakit ternak. Yang kita tahu, untuk kambing ya sakit perut, kejang-kejang, ” ujar Ngatijo, Selasa (17/05/2022).

Beberapa bulan sebelumnya, warga peternak telah menghadapi penyekit hewan yang menyerang ternak babi. Kali ini, muncul jenis lain yang mengancam jenis ternak sapi dan kambing.

Baca juga: Kisah Miris Pandai Besi Sekadau Saat Harga Sawit Turun

Ngatijo yang memiliki belasan ekor ternak kambing, jelas merasa sangat khawatir. Apalagi dia mengaku, belum mengetahui dari masa munculnya penyakit ini dan apa penyebabnya.

“Kalau kambing ini kalau kena penyakit, jarang yang bisa sembuh. Biasanya dia akan mati kalau kena penyakit,” kata Ngatijo. (RED)