Tunggu Putusan MK, Aron Urus Kebun dan Ikut Gawai

Aron memainkan alat musik tradisional di kampung halamannya, Dusun Nyonak, Desa Teluk Kebau, Kecamatan Nanga Mahap. Foto: IST/ruai.tv
Advertisement

SEKADAU, RUAI.TV – Dari tujuh kabupaten yang menggelar Pemilukada serentak Desember tahun lalu, lima di antaranya sudah dilantik. Bagaimana dengan kandidat terpilih di dua kabupaten lain?

Bupati Terpilih Kabupaten Sambas masih menanti pertahana menyelesaikan masa jabatan. Sementara di Kabupaten Sekadau, masih menunggu selesainya perkara di Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca juga: Sah! Gubernur Kalbar Lantik 5 Bupati Baru Hari ini

Advertisement

Dua pasang kandidat bertarung dalam gelanggang Pemilukada di Sekadau. Dari rekapitulasi KPU, pasangan kandidat Aron-Subandrio mendapat 58.023 suara atau 50,8 persen.

Sementara pertahana Rupinus-Aloysius mendapat 56.479 suara atau 49,2 persen. Rufinus-Aloysius mengajukan permohonan perkara perselisihan hasil pemilihan (PHP) ke MK, yang prosesnya masih berlangsung hingga sekarang.

Lihat juga: VIDEO: Suasana Geladi Bersih Pelantikan Lima Bupati dan Wakil di Pontianak

Apa yang dilakukan Aron, dalam masa ini?

“Sementara tidak ada aktivitas, ngurus kebun jak,” kata Aron melalui pesan WA kepada ruai.tv, Selasa (02/03/2021).

Aktivitas harian ini telah dilakukannya pasca cuti sebagai anggota DPRD Kalimantan Barat daerah pemilihan 6 Sanggau-Sekadau.

Baca juga: Bupati Baru: Lima Dilantik, Satu Masih Berperkara di MK

Selain mengurus kebun, Aron membaur bersama masyarakat di kampung halamannya di Dusun Nyonak, Desa Teluk Kebau, Kecamatan Nanga Mahap. Warga di sana menggelar gawai syukuran panen padi baru yang disebut Tradisi Nyemaru, Minggu (28/02/2021).

Dia ikut memainkan alat musik tradisional gong gamal. Mengikuti senggayong yang berlangsung di rumah Betang Dusun Nyonak.

Dalam acara nyemaru yang dilakukan oleh masyarakat Dayak Hulu Sungai Sekadau, mantan anggota DPRD Sekadau tiga periode ini terlihat menikmati lantunan musik sengayong, sebagaimana rekaman video yang diterima redaksi ruai.tv.

Baca juga: Ini Jawaban Bupati Nasir, Saat Ditanya Rencana Jadi Gubernur

Aron mengenakan ikat kepala khas dayak yang melilit di kepalanya, sebagai ciri khas jika mengikuti gawai di masyarakat Dayak Nanga Mahap.

Dalam Pemilukada yang lalu, Aron-Subandrio diusung Partai Demokrat, Nasdem, PKPI, dan Gerindra serta didukung PKB dan PKS.

Sementara pasangan Rupinus-Aloysius diusung PDI Perjuangan, Golkar, Hanura, PAN, Perindo, dan didukung PPP, PSI dan Berkarya. (TS)

Advertisement