Raja Landak ke-41 Dikukuhkan di Keraton Ismahayana

Bagian dari prosesi Penabalan Raja Landak ke-41 di Keraton Ismahayana Landak, Sabtu (10/04/2021). Foto: DOK/ruai.tv

NGABANG, RUAI.TV – Keraton Ismahayana di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, menggelar prosesi penabalan Raja Landak ke-41, Sabtu (10/04/2021).

Raja baru itu bernama Pangeran Ratu Gusti Fiqry Azizurrahmansyah. Dia merupakan putera mahkota dari Raja Ismahayana Dipati Karang Tanjung Haji Gusti Suryansyah, yang telah wafat pada 14 Oktober 2016 lalu.

Baca juga: Lapak Pasar Rakyat Kian Sepi, Pedagang Berjualan di Trotoar

Acara penabalan itu merupakan prosesi adat di lingkungan Keraton Ismahayana Landak. Berupa pengukuhan bagi penerus tahta setelah raja sebelumnya meninggal dunia.

Prosesi ini dirangkai dalam berbagai kegiatan. Di antaranya pembacaan ikrar penabalan, betungkal tawar, serta penandatanganan naskah berita acara.

Baca juga: Rp 100 Ribu Sekilo, Harga Cabe Rawit di Landak

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa, mengikuti prosesi itu. Karolin meminta Raja Keraton Ismahayana Landak ke-41 ini dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Landak untuk bersama-sama membangun daerah.

“Penabalan ini merupakan hal yang sangat sakral dan menjadi momen yang sangat langka. Penabalan ini terjadi ketika akan ada pengangkatan raja baru di Keraton Ismahayana Landak,” kata Karolin.

Baca juga: 500 Bibit Pohon Bakal Hijaukan Makam Juang Mandor

Raja Keraton Ismahayana Landak ke-41, Pangean Ratu Gusti Fiqry Azizurrahmansyah mengatakan, Keraton Ismahayana Landak akan selalu siap membantu pemerintah kabupaten dalam upaya membangun daerah agar semakin maju. (KAR)