Modus VCS, Penipuan Berkedok Tawaran Seks Online

modus VCS
Ilustrasi by unsplash.com

SEKADAU, RUAI.TV – Modus VCS atau video call sex semakin mengkhawatirkan. Aksi penipuan via media sosial alias Medsos, baik Facebook, Instagram, maupun lainnya kian marak. Modusnya bermacam-macam, mulai dari kasus penipuan biasa, hingga yang berbalut transaksi seksual.

Salah satu kasus yang cukup marak adalah layanan kenikmatan seks bertajuk Video Call Seks (VCS). Layanan seks semu ini mulai merambah jagat dunia Maya khususnya Facebook.

Untuk membuktikan hal tersebut, awak media mulai melakukan browsing dan pertemanan dengan beberapa akun facebook. Sebab orang mencurigai akun tersebut melakukan aktivitas penipuan modus VCS.

Hasilnya, ada yang langsung menawarkan diri dan ada juga akun yang harus menanyakan apakah melayani VCS. Eksperimen ini menghubungi akun erinisial CZ, ZA, RT, Nb dan puluhan akun lainnya.

Baca juga: Modus Penipuan Berkedok Percintaan Ditangkap Polisi

Setelah melakukan pembicaraan awal, pemilik akun langsung menyebutkan tarif tertentu untuk melakukan VCS. Dia menawarkan tarif mulai puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Namun jika berhasil negosiasi, tarif bisa turun hingga Rp 50 ribu.

Untuk pembayaran tarif, ada yang menggunakan transfer pulsa maupun transfer uang via ATM. Bahkan untuk membuktikannya langsung, awak media ini juga melakukan transfer pulsa ke beberapa akun. Setelah transfer selesai, baru VCS bisa dilakukan.

(Baca selanjutnya dengan klik pages 2)