Warga Dusun Harapan Maju di KKU Mulai Bangun Masjid

Acara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al-Mukhlisin di Dusun Harapan Maju, Desa Sungai Mata-Mata, Kecamatan Simpang Hilir, KKU, Sabtu (27/02/2021). Foto: Julizal/ruai.tv

KAYONG UTARA, RUAI.TV – Masyarakat transmigrasi SP 4 Dusun Harapan Maju, Desa Sungai Mata-Mata, Kecamatan Simpang Hilir, mulai membangun sebuah masjid. Wakil Bupati Kayong Utara (KKU), Effendy Ahmad, melakukan peletakan batu pertama, Sabtu (27/02/2021).

Dalam acara peletakan batu pertama masjid itu, sejumlah pihak yang mendukung pembangunan turut hadir. Di antaranya perwakilan sebuah perusahaan perkebunan yang memiliki konsesi tidak jauh dari dusun itu.

Wakil Ketua DPRD KKU, Abdul Zamat, berharap, warga setempat terus bergotong-royong dan berkoordinasi mulai dengan pemerintahan dusun, desa, kecamatan, hingga kabupaten.

“Saya mengharapkan masyarakat bergotong-royong membangun Masjid Al-Mukhlisin ini. Saya lihat perencanaannya cukup baik, persiapan anggaran sudah ada sekitar Rp 80 juta,” kata Zamat.

Baca juga: Masjid Agung Darunnajah Kapuas Hulu Resmi Digunakan

Perwakilan perusahaan, Budiyanto, berjanji memberikan sejumlah dukungan. Selain beberapa material, juga membuka akses jalan untuk jalur angkut material tersebut.

“Kami sangat mendukung, antara lain batu untuk fondasi, kemudian tanah urug. Material itu diambil dari Gunung Pecah Kuari di lingkungan PT Jalin Vaneo,” kata Budiyanto.

Ketua Panitia Pembangunan Masjid, Sahuri, menuturkan, kebutuhan akan rumah ibadah itu agar bisa menampung Jamaah lebih banyak.

“Dan sebagai orangtua, memikirkan anak-anak kami agar ke depan lebih giat lagi mencari kebaikan,” kata Sahuri.

Mewarnai proses peletakan batu pertama, qori cilik Ananda Nur Alam melakukan pembacaan Al Quran. (JUL)