Arsip

Danrem 121/ABW Kunjungi Markas 3 Briged TDM di Kuching, Malaysia

Komandan Korem 121/Alambhana Wanawwai (Abw), Brigjen TNI Luqman Arief kunjungi Markas 3 Briged TDM di Kuching, Malaysia. (Foto/Penrem)
Advertisement

SARAWAK, RUAI.TV – Dalam rangka kegiatan Lawatan Timbal Balas (LTB), Komandan Korem 121/Alambhana Wanawwai (Abw), Brigjen TNI Luqman Arief, melakukan kunjungan ke Markas 3 Briged Tentara Diraja Malaysia (TDM) di Kuching, Sarawak, Malaysia, pada Senin (13/08/2024).

Kunjungan ini merupakan bagian dari tugasnya sebagai Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops) Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-Malaysia wilayah Kalimantan Barat.

Dalam lawatan tersebut, Brigjen TNI Luqman Arief didampingi oleh beberapa pejabat dari Korem 121/Abw, termasuk Kasiren Korem 121/Abw Kolonel Arm Herman Sudarmanto, Kasilog Kasrem 121/Abw Kolonel Cba Agung Prasetya, dan Kasiops Kasrem 121/Abw Letkol Inf Jumadal Aulia.

Advertisement

Setibanya di Markas 3 Briged, rombongan disambut hangat oleh Panglima 3 Briged Infanteri Malaysia, Brigedier Jeneral Mohd Sauffi bin Haji Omar, beserta jajaran dengan upacara jajar kehormatan.

Brigjen TNI Luqman Arief menjelaskan bahwa kegiatan LTB ini merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk membahas koordinasi dan merencanakan program bersama antara Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan dari kedua negara. Kolaborasi ini sangat penting mengingat tugas yang diemban oleh TNI dan TDM dalam menjaga perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat.

“Kunjungan timbal balas ini dilakukan secara bergantian dan bersifat fleksibel sesuai dengan jadwal kegiatan masing-masing satuan. Hal ini penting bagi kedua pihak, karena baik Korem 121/Abw maupun Markas 3 Briged TDM memimpin pasukan yang bertugas di garis batas negara. Jika komunikasi dan koordinasi tidak terjalin dengan baik, potensi kerawanan dan ketegangan di perbatasan dapat meningkat,” jelas Brigjen TNI Luqman Arief.

Advertisement