Bunga Bangkai Tumbuh Cantik di Sekadau

Advertisement

SEKADAU – Warga Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalbar dihebohkan dengan tumbuhnya bunga bangkai, Rabu (30/10/2019). Tanaman langka yang nama latinnya Amorphophallus titanium ini tumbuh dan mekar di pekarangan halaman rumah dan menjadi tontonan warga sekitar.

Bunga bangkai tersebut tumbuh di pekarangan rumah milik Suriono (50). Suriono mengaku pertama kali menemukan bunga langka ini adalah Sumarni yang merupakan istrinya. Suriono mengaku bahwa bunga bangkai tersebut mekar seminggu yang lalu sejak ditemukan oleh istrinya.

“Sejak ditemukan, makin lama makin mekar. Seiring dengan pertumbuhannya, bunga itu menimbulkan bau busuk yang pekat, sampai dikerumuni lalat-lalat besar,” ujarnya.

Advertisement

Bau busuk menyengat itu, kata Suriono, lantas mengundang warga setempat untuk melihat bunga berukuran hampir 50 centimeter itu.

Menurut Suryono, puncak mekarnya bunga bangkai ini tepat pada hari Selasa (29/10/2019). Saat itu dimulai sejak sesudah Azar bau bunga sangat menyengat hingga pukul 23.00 WIB masih tercium aroma khasnya.

“Kurang lebih 20 meter tercium, dia juga baunya terbawa angin dari mobil yang lewat, jadi tetangga di sini juga mencium baunya,” kata bapak dua anak itu.

Meski begitu menurut Suryono tumbuhnya bunga bangkai di pekarangan rumahnya ini tidak ada kaitannya dengan keberadaan Masjid yang berada di depan rumahnya.

Hal ini dikarenakan dua tahun silam bunga tersebut juga sempat tumbuh di rumah adik iparnya yang tepat berada di samping Masjid Al Ilham itu.

“Di depan rumah Ipar saya juga pernah tumbuh dua tahunan yang lalu, cuma lebih kecil dari ini, dan warnanya agak pudar dan warna agak putih. Kalau ini kan besar terus juga warnanya agak-agak coklat, seperti ungu tua lah,” tutur Suryono.

Ia pun menyampaikan sudah banyak teman-teman kerja atau kerabat yang datang untuk sekedar melihat dan berfoto di samping bunga langka itu.

Namun dirinya tidak serta merta mengambil keuntungan, karena menurutnya bunga tersebut adalah bunga yang bebas tumbuh di manapun dan merupakan suatu keberuntungan bunga itu tumbuh di pekarangan rumahnya. (Red).

Advertisement