Masa Pandemi, 20 Persen Koperasi di Bengkayang Bertahan

koperasi masih bertahan di saat pandemi
Koperasi masih bertahan di masa pandemi. Foto: DOK/ruai.tv

BENGKAYANG, RUAI.TV – Sebagian kecil koperasi bertahan di masa pendemi. Di Kabupaten Bengkayang, sejumlah koperasi masih tetap menggeliat, meski harus berjuang menghadapi keterbatasan.

Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Bengkayang, mencatat, ada 200 unit koperasi yang ada di daerah itu. Dari jumlah ini, sebagian kecil masih mampu bertahan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Bengkayang, Heru Pujiono, Rabu (16/06/2021) mengatakan, sebanyak 20 persen dari jumlah koperasi itu masih menjalankan usahanya.

Baca juga: Pungli di Pontianak? Laporkan Lewat Website Ini

Koperasi yang mampu bertahan karena adanya dukungan program stimulus berupa bantuan pemerintah. Di luar itu, usaha koperasi masyarakat terbilang sulit bangkit.

Dari 200 unit koperasi di Kabupaten Bengkayang, menjalankan usaha di berbagai bidang. Seperti bidang kerajinan dan peternakan.

“Geliat koperasi ini berkat adanya dorongan pemerintah terutama dalam pendanaan,” kata Heru.
Pemerintah kabupaten memberikan dukungan bagi pelaku usaha koperasi. Terlebih, pandami yang masih terus berlangsung, belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. (RED)