Hotspot Muncul di 5 Kecamatan Rawan Karhutla di Bengkayang

Kondisi sebagian lahan di Kota Bengkayang yang tampak kering. Stepanus Robin/ruai.tv

BENGKAYANG, RUAI.TV – Titik panas atau hotspot mulai terdeteksi di lima kecamatan rawan Karhutla di Kabupaten Bengkayang.

Lima titik terpantau di Kecamatan Sungai Raya yang merupakan wilayah korporasi perkebunan. Sementara satu titik lagi terpantau di wilayah Kecamatan Bengkayang Kota.

Pemkab Bengkayang segera akan menetapkan status siaga karhutla, yang berlaku satu bulan sejak ditetapkan.

Baca juga: Waspada, Empat Kecamatan di Bengkayang Rawan Kebakaran

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkayang, Damianus, Senin (01/03/2021) mengatakan, sedang mempersiapkan penetatap status tersebut.

“Kami juga membuat imbauan. Sekarang bukan musin berladang tapi mungkin ada yang buka kebun. Sesuai mekanisme, kalau mau bakar lahan, harus ada ijin Kepala Desa, pemberitahuan kepada camat agar Forkompimda sama-sama bisa pantau. Jangan asal bakar sehingga bisa merayap ke tempat lain,” kata Damianus.

Baca juga: Komunitas Dayak di Bengkayang Selenggarakan Gawai Makan Padi Baru

Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis, mengatakan, penanganan karhutla di Bumi Sebalo, menjadi serius sesuai instruksi Gubernur Kalimantan Barat yang disampaikan saat pelantikan lima bupati, Jumat pekan lalu.

Dia menyatakan siap besinergi dengan berbagai pihak, menghadapi potensi karhutla yang mengancam di saat musim kering mulai terjdi. (ROB)