Pawai Budaya Naik Dango Ke-34 Berlangsung Meriah

LANDAK – Bupati Landak Karolin Margret Natasa membuka pawai budaya Naik dango ke XXXIV yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan naik dango, Jumat (26/4/2019).

Pawai budaya naik dango kali ini diikuti 16 kontingen kecamatan dari tiga kabupaten di Kalimantan Barat yakni Kabupaten Landak, Kubu Raya, dan Kabupaten Mempawah. Jalur pawai yang dilewati peserta pawai mulai dari Jalan Pangeran cinata dan finish di halaman Kantor Bupati Landak.

Kegiatan Naik Dango merupakan kegiatan rutinitas yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh masyarakat Dayak sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan atas berkat yang diberikan melalui hasil panen padi. Hal ini disampaikan oleh Karolin sesaat sebelum melepas peserta pawai budaya.

“Kegiatan naik dango adalah kegiatan yang wajib kita laksanakan setiap tahunnya sebagai ungkapan syukur kita kepada Jubata (Tuhan) atas segala penyertaannya kepada kita dan segala berkat serta rejeki yang kita terima melalui hasil panen padi,” jelas Karolin.

Selanjutnya Karolin berharap rangkaian kegiatan naik dango dapat diambil makna sebagai wujud rasa kebersamaan dalam berbudaya yang harus terus dilestarikan.

“Oleh karena itu kegiatan ini patut dan pantas untuk kita lestarikan, kita mengambil hikmah positifnya agar kegiatan naik dango ini sungguh-sungguh membuat kita memiliki rasa dan semangat kebersamaan terutama untuk Kabupaten Landak dan dua Kabupaten Lain yaitu Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah yang merupakan satu rumpun dalam acara ini kita saling bertemu dan saling berkumpul,” Pungkas Karolin.

Diakhir sambutannya Karolin berpesan kepada seluruh pihak supaya bersama-sama menjaga keamanan dan kekompakan agar seluruh rangkaian kegiatan naik dango dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

“Semoga seluruh rangkaian kegiatan naik dango yang ke 34 di kabupaten Landak bisa berjalan sukses aman dan lancar, mari kita jaga dan pelihara kekompakan ini demi mendukung pembangunan ditempat kita masing-masing” pungkas Karolin. (Red).