Frans Zeno Dorong Sinergitas Tangani Tiga Masalah di Sekadau

Plh Bupati Sekadau, Frans Zeno. Foto: Abdu Syukri/ruai.tv

SEKADAU, RUAI.TV – Pelaksana harian (Plh) Bupati Sekadau, Frans Zeno mengharapkan partisipasi masyarakat untuk sejumlah persoalan yang muncul di kabupaten itu. Harapan ini dia ungkapkan usai pertemuan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Sekadau, Selasa (23/02/2021).

“Masalah Covid jangan sampai abai, tetap bersinergi dan minta kesadaran masyarakat lakukan protokol kesehatan. Pemerintah tetap laksanakan vaksinasi sebagaimana yang sudah diprogramkan. Dan terkait karhutla, masyarakat diharap terlibat dalam penangannya,” kata Frans Zeno.

Jajaran Forkompimda Kabupaten Sekadau membahas tiga isu sentral dalam rakor tersebut. Ketiganya yakni pandemi Covid-19, kebakaran hutan dan lahan, serta aktivitas penambangan emas tanpa izin (PETI).

Penanganan Covid-19 dinilai cukup baik di kabupaten ini, sejauh ini. Namun pemerintah masih menghadapi pilihan terkait pelaksanaan kegiatan pembelajaran tatap muka.

Sedangkan untuk karhutla, kewaspadaan harus ditingkatkan mengingat iklim yang mulai bergeser menuju kemarau yang rentan.

Untuk aktivitas PETI, diakui masih menjadi momok besar, karena selain merusak lingkungan, sejumlah warga masih menggantungkan mata pencaharian di bidang ini. (SUK)