Sejumlah Bangunan di Desa Betok Jaya Rusak Akibat Tanah Longsor

KAYONG UTARA – Curah hujan yang tinggi mulai dari Rabu (29/5) malam, hingga Kamis (30/5), menyebabkan satu rumah warga di desa Betok Jaya, kecamatan Kepulauan Karimata, Kabupaten Kayong Utara rusak total, dua ruang kelas serta 1 ruang kantor di SMP 4 Betok Jaya mengalami rusak ringan, serta satu jalan yang merupakan akses utama di desa tersebut lumpuh total.

Berdasarkan informasi dari keterangan beberapa masyarakat yang menyaksikan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 11.00 WIB, Kamis(30/5) siang, yang diduga longsor tersebut terjadi di karenakan tingginya curah hujan sejak 29 Mei kemarin hingga 30 Mei 2019 siang.

“Curah hujan sangat tinggi di Betok, sampailah pagi hal ini yang menyebabkan tanah di lereng bukit berdekatan dengan ruang SMP 4 Kepulauan Karimata tepatnya Desa Betok mengalami longsor,” kata salah seorang masyarakat yang menyaksikan langsung kejadian tersebut.

Dua ruang kelas, 1 ruang kantor, 1 rumah warga, dan akses jalan utama mengalami kerusakan ringan hingga parah dalam bencana alam tersebut.

“Satu ruang kantor mengalami rusak berat karena dinding yang berhadapan langsung dengan lereng bukit mengalami jebol, dan 2 ruang kelas mengalami rusak ringan dan sampai saat ini bangunan digenangi air lumpur. Selain itu jamban sekolah yang terdiri dari 4 bilik juga mengalami rusak,” sambung saksi bencana alam tersebut.

Untuk kerugian materil, sampai saat ini masih belun diidentifikasi pihak sekolah dan warga yang terkena dampak langsung, namun untuk barang-barang elektronik yang menjadi asset sekolah seperti printer, alat pengeras suara dan lain-lain serta berkas penting sekolah mengalami rusak berat. (Zal).