53 Desa di Melawi Adakan Pilkades Serentak Tahun 2020

MELAWI – Selain pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Bupati dan Wakil Bupati Melawi, sebanyak 53 desa dari 169 desa di Kabupaten Melawi juga akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2020 mendatang. 53 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak tersebut tersebar di 11 kecamatan.

Selain persiapan tahapan, dari segi anggaran, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Melawi juga sudah mempersiapkannya melalui APBD Kabupaten Melawi tahun anggaran 2019, namun belum dipastikan berapa rincian anggaran yang akan dikucurkan ke desa pelaksana, baik untuk baliho para calon Kades maupun honor untuk petugas TPS.

DPMD Kabupaten Melawi memastikan, sebelum memasuki tahun 2020 seluruh persiapan Pilkades secara umum sudah matang, sehingga pada hari H pelaksanaan dapat berjalan sesuai dengan rencana. “tahun 2019 memang tidak ada Pilkadesnya, setiap dua tahun sekali gitu, kita kan sudah melaksanakan pada tahun 2016 dan 2018. Tahun 2020 banyak Kades yang habis masa jabatan, sehingga untuk jabatan Kades dijabat oleh penjabat sementara” ungkap Kepala DPMD Kabupaten Melawi, Junaidi.

Junaidi juga berharap agar pada Pilkades serentak tahun 2020 mendatang, para calon Kades dapat bersaing secara sehat, dan mampu meningkatkan partisipasi pemilih. (Red)