IJTI Akan Segera Terbentuk di Kalbar

PONTIANAK – Musyawarah Daerah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (Musda IJTI) Kalimantan Barat untuk pertama kalinya digelar, di Hotel Mercure Pontianak, Sabtu (3/08) pagi.

Musda ini dihadiri sebanyak 55 jurnalis televisi se-Kalbar yang akan mendeklarasikan terbentuknya IJTI, sekaligus akan memilih Ketua Pengda IJTI Kalbar masa bakti 2019-2022.

Peningkatan kapasitas dan kompetensi jurnalis menjadi isu sentral yang mendorong para pewarta televisi ini membentuk IJTI. Karya jurnalistik, saat ini dan di masa mendatang, mau tidak mau harus terus memberi peningkatan dalam penyajian kepada pemirsanya agar terbangun masyarakat yang cerdas.

Tuntutan mengedepankan nilai-nilai jurnalistik yang sejalan dengan kode etik jurnalis maupun pedoman perilaku penyiaran dan standar program siaran (P3SPS), merupakan hal yang tidak bisa ditawar lagi. Apalagi jurnalis televisi sebagai pewarta yang menyajikan video dalam karya jurnalistiknya, harus berani memerankan diri sebagai ujung tombak dalam mengedukasi masyarakat melalui apa yang disiarkannya.

Selain itu, sinergitas antar organisasi profesi jurnalis lainnya seperti Aliansi Jurnalis Independen (AJI) maupun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) juga menjadi harapan yang mendorong para jurnalis televisi di Kalimantan Barat ini membentuk IJTI.

Soliditas antara sesama organisasi profesi kewartawanan ini penting dalam konteks perlindungan dan pembelaan terhadap tugas jurnalistik. Hal ini selaras juga dengan semangat kemerdekaan pers seperti yang tertuang dalam Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. (Red).