Angin Puting Beliung Sapu 52 Bangunan di Melawi

MELAWI – Minggu (30/12/18) Kapolsek Ella Hilir, Ipda Moch Angga Bagus Sasongko, Beserta Anggota bersama dengan Kepala BPBD Kabupaten Melawi, Syaparudin, Danramil Ella Hilir, Kapten Iman Yulianto, Kades Pelempai Jaya dan Kades Nanga Ella Hilir, melakukan pengecekan dan pendataan terhadap korban dan rumah serta fasilitas bangunan milik pemerintah yang terkena bencana angin puting beliung yang terjadi di Desa Pelempai Jaya dan Desa Nanga Ella Hilir Kecamatan Ella Hilir, Sabtu, 29 Desember 2018.

Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, melalui Kapolsek Ella Hilir Ipda Moch Angga Bagus Sasongko, menyampaikan hasil dari pengecekan dan pendataan tersebut adalah Desa Pelempai Jaya terdapat 52 unit rumah yang mengalami rusak ringan dan berat, Desa Nanga Ella Hilir terdapat 48 unit rumah yang mengalami rusak ringan dan berat, Bangunan milik pemerintah yang mengalami kerusakan antara lain PLN dan SDN 1 Ella Hilir tidak ada korban jiwa dan luka-luka pada kejadian tersebut dan Infrastruktur yang mengalami kerusakan tiang listrik dan kabel rusak sehingga menyebabkan listrik di Kecamatan Ella Hilir padam total.

Dari hasil peninjauan korban angin puting beliung tersebut, selanjutnya sekitar pukul 12.00 wib di Polsek Ella Hilir dilakukan rapat koordinasi terkait dengan penanganan pasca bencana angin puting beliung di Kecamatan Ella Hilir, rapat koordinasi dihadiri oleh Kepala BPBD Kabupaten Melawi, Danramil Ella Hilir, Kapolsek Ella Hilir, Kades Pelempai Jaya, Kades Nanga Ella Hilir, Kepala PLN Ella Hilir, Para Kadus Desa Pelempai Jaya dan Desa Nanga Ella Hilir.

“Hasil yang diperoleh dari rapat koordinasi tersebut, hasil dari pengecekan dan pendataan yang telah dilakukan oleh BPBD Kabupaten Melawi terhadap rumah milik warga masyarakat yang terkena dampak angin puting beliung akan segera diberikan bantuan secepatnya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi, untuk bantuan awal kepada masyarakat akan diberikan bantuan berupa tenda kepada masing-masing rumah warga yang mengalami rusak berat.

Terkait dengan kerawanan pasca bencana berupa aksi pencurian,penjarahan dan kebakaran pihak keamanan dalam hal ini Polsek dan Koramil Ella Hilir akan melaksanakan patroli bersama-sama dengan unsur masyarakat Desa.

Sementara terkait dengan belum adanya kepastian penyaluran bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi, pihak BPBD meminta bantuan kepada para perangkat masing-masing desa untuk memberikan penjelasan/sosialisasi kepada masyarakat yang menjadi korban bencana agar tetap tenang dan tidak panik sehingga situasi di Kecamatan Ella Hilir dapat selalu aman dan kondusif.

Selain itu Pihak PLN cabang Ella Hilir juga akan secepatnya melakukan perbaikan terhadap instalasi listrik yang mengalami kerusakan agar pasokan listrik di Kecamatan Ella Hilir dapat kembali normal. (Red).