Arsip

Generasi Muda Diajak Bela Negara Dalam Kemajuan Teknologi

Advertisement

PONTIANAK – Gubernur Kalbar Sutarmidji menjadi inspektur upacara peringatan hari Bela Negara ke 70 tahun di halaman kantor Gubernur Kalbar, Rabu (19/12).

Dalam sambutannya, Gubernur Kalbar Sutarmidji mengatakan, Bela Negara tidak dapat hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, namun harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi. Hal ini menegaskan bahwa Bela Negara adalah kerjasama segenap elemen Bangsa dan Negara, bukan hanya pemerintah, apalagi sekedar nomenklatur program instansi atau satuan kerja tertentu saja.

“Saya berharap generasi muda pemegang estafet kepemimpinan negara kedepan, mau dibawa kemana negara kedepan itu semua tergantung generasi muda sekarang ini. Sehingga kepedulian terhadap negara dalam segala hal, intinya generasi muda bisa memberi sumbangsi positif untuk kemajuan bangsa dan negara,” ungkap Gubernur Kalbar Sutarmidji usai upacara peringatan hari Bela Negara ke 70 tahun.

Advertisement

Sebagai sebuah contoh, ditengah banyaknya tantangan yang melitas batas ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan keamanan nasional, bangsa lain telah semakin jauh memasuki era robotik.

“Saya yakin nasionalisme generasi muda kita semakin hari semakin baik, walaupun dengan teknologi sekarang ini tidak ada batas negara dengan teknologi tapi mereka berdiri dengan akar budaya Indonesia. Sehingga kita liat berkembangnya industri-industri kreatif dan teknologi yang diciptakan oleh generasi muda nasionalisme tetap mereka junjung tinggi,” tuturnya.

Oleh karena itu, wujud Bela Negara di tengah teknologi disruptif bukanlah larut dalam disruption dan tenggelam dalam teknologi disruptif. Justru bangsa kita harus sekuat tenaga mempertahankan makna pembangunan berkelanjutan baik dalam konteks sosial maupun alamiah.

“Dalam kontek sosial, kemampuan generasi, kemampuan generasi milenial mengatisipasi kecepatan perubahan dunja tidak boleh terlepas dari pondasi budaya, kearifan lokal dan nilai-nilai luhur bangsa. Serta dalam kontek ilmiah, pengharagaan bangsa kita terhadap kelestarian lingkungan adalah wujud Bela Negara yang sangat penting,” pungkasnya. (Red).

Advertisement