TNI & Polri Gencar Gelar Operasi Cipta Kondisi Jelang Pemilu

PONTIANAK – Pemilu tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan dilaksanakan secara serentak.

Dalam kacamata kamtibmas, peningkatan intensitas kegiatan politik ini tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan, di antaranya yang cukup menjadi perhatian bagi Polri adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa, serta penyebaran hoaks dan hate speech, yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

Untuk itu Polri dibantu dengan unsur TNI dan stakeholders terkait lainnya menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi “Mantap Brata 2018”.

Kepala Biro Operasi Polda Kalbar, Kombes Pol Jayadi mengatakan, dalam menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat untuk menyukseskan agenda Pemilihan Umum tahun 2019 di Kalimantan Barat, peran Kepolisian dan TNI sangatlah penting.

Tak hanya itu, untuk menyikapi agenda Kamtibmas Pemilihan Umum Tahun 2019, Kepolisian Daerah Kalimantan Barat (Polda Kalbar) diperlukan pelaksanakan kegiatan cipta kondisi operasi Kepolisian terpusat dengan tema sandi operasi mantap Brata Kapuas 2018 di tingkat Polda Kalbar dan jajaran dalam rangka pengamanan tahap kampanye Pemilihan Umum Pileg dan Pilpres tahun 2019.

“Kegiatan cipta kondisi Operasi Mantap Brata Kapuas 2018 ini, Polri bersinergis dengan TNI melalui pelibatkan personil TNI dalam kegiatannya,” kata Jayadi, Jumat (9/11/2018).

Dalam kegiatan tersebut, Polda Kalbar melibatkan perkuatan 300 personil sebagai Satgas preemtif, Satgas Preventif, Satgas Kamseltibcarlantas, Satgas Tindak, Satgas Gakkum dan Satgas bantuan TNI.

“Kegiatan hari ini jumat terbagi di beberapa zona di Kota Pontianak,” terang Jayadi.

Patroli TNI/POLRI menelususuri sekitar pasar Dahlia dan pasar Teratai Pontianak, Patroli Den Gegana, Sabhara dan TNI AL Cipta Kondisi di Pasar Dahlia dan pemukiman Disekitar Kantor KPU Provinsi, begitu juga Patroli Jalan Kaki dari Ditpolair dan Ditsabhara Cipta Kondisi Dipasar Puring Siantan.

Kemudian berlanjut ke kawasan pertokoan dijalan Tanjungpura Pontianak dan Kantor Panwaslu Kalbar disambangi Patroli Ditpamobvit Cipta dan pemukiman disekitar Pasar Plamboyan disambangi patroli jalan kaki TNI/POLRI. Begitu juga halnya di Polres/ta jajaran Polda Kalbar melakukan kegiatan yang sama,” tutupnya. (Red).