Pintu air jebol, banjir hantam rumah warga

KUBU RAYA- Pintu air yang terdapat di desa Sungai Kupah, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya jebol diterjang banjir, minggu, 17 Juni 2018.

Sebelumnya pintu air ini sudah mengalami kerusakan sejak tahun 2017 lalu akibat pondasi bagian bawah tergerus arus sungai, namun tak kunjung diperbaiki oleh pemerintah terkait.

Akibat jebolnya pintu klip air ini, beberapa rumah warga yang terdapat ditepian sungai kupah ini terkena dampak, karena tepian sungai longsor, bahkan dua dusun seperti dusun Sepakat dan dusun Sejahtera juga terdampak banjir akibat jebolnya pintu air itu.

Foto: pintu air yang jebol

Salah satu warga dusun Sungai Kupah, Sayfudin mengatakan, sebelumnya tanah longsor belum terlalu lebar, namun hingga kini hampir lima meter tanah di bibir sungai kupah longsor diterjang air, bahkan kini sudah hampir mengenai rumah warga.

“Jika ini tidak cepat ditangani akan mengenai rumah warga, sebab bibir sungai ini sudah lima meter longsor, bisa jadi nanti tumbang rumah ini.” Jelasnya.

Pintu air ini merupakan salah satu penunjang urat nadi perekonomian warga Sungai Kupah, seperti untuk pengairan perkebunan dan mengatur volume air di daerah tersebut, jika tak segera diperbaiki, akan berdampak bagi aktivitas warga, karena jika banjir air langsung menghantam rumah warga sekitar.(Red)