Ngumpan batu Pada hari Nyemaru

Beragam Ritual Adat Yang Di Lakukan Masyarakat Dalam Menyambut Atau Makan Beras Baru Setiap Selesai Panen Padi. Di Desa Setawar Kecamatan Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau Masyarakat Mengelar Ritual Adat Untuk Menyambut Makan Beras Baru Itu Yang Di Sebut Ritual Ngumpan Batu Nah Saudara Seperti Apa Rangkaian Adatnya? Berikut Video Kiriman Jurnalis Warga.

Saudara ini adalah video kiriman jurnalis warga terkait ritual ngumpan batu yang di lakukan warga di desa setawar kecamatan sekadau hulu kabupaten sekadau dalam acara nyemaru atau ritual adat makan beras baru. Ritual ngumpan batu pada acara nyemaru ini dilakukan warga bertepatan dengan hari raya paskah dimana nyemaru ini merupakan nama lain dari bahasa sub suku dayak benawas yang dalam bahasa indonesianya makan beras atau nasi baru.

Upacara adat nyemaru merupakan rutinitas tahunan setelah panen padi pada acara nyemaru dilakukan upacara adat ngumpan batu yang merupakan bentuk syukur atas panen padi. Ngumpan batu merupakan pemberkatan alat alat pertanian yang telah membantu masyarakat dalam hal bertani nyemaru juga identik dengan emping dari beras baru menurut nenek ano tetua setempat mengatakan pada upacara ngumpan batu juga dilakukan pemberian sesajian kepada roh leluhur nenek moyang agar alat alat pertanian seperti parang kapak beliung batu asah dan lainnya yang telah berjasa dalam membantu aktivitas pertanian dapat menghasilkan padi yang limpah pada proses pertanian berikutnya.

Para tetua juga berpesan kepada generasi muda untuk tidak melupakan adat dan istiadat zaman dahulu yang sudah turun temurun dilakukan hingga sekarang untuk itu generasi muda juga harus belajar dan melestarikan adat dan budayanya supaya tidak tergerus oleh perkembangan zaman.

https://ruai.tv/ .:RuaiTVPontianak:. Yessica – 03 April 2018