Arsip

Warga Nahaya Tembawang Minta Pemkab Landak Segera Bangun Jembatan

Masyarakat Dusun Nahaya Tembawang, Desa Amboyo Selatan, Kabupaten Landak berupaya memperbaiki jembatan yang sudah rusak secara Swadaya. (Foto/ruai.tv)
Advertisement

LANDAK, RUAI.TV – Sebuah jembatan penghubung menuju 4 (empat) desa yakni Desa Sebirang, Amboyo Selatan, Temiang Sawi dan Desa Pak Manyam, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, rusak akibat Banjir Bandang pada 22 Mei 2024 lalu.

Satu diantara tokoh masyarakat Desa Amboyo Setelan, Sudianto, mengatakan, rusaknya jembatan tersebut membuat akses masyarakat lumpuh.

Lumpuhnya transportasi ini juga membuat masyarakat sulit untuk membawa hasil perkebunan dan pertanian yang juga berdampak pada ekonomi masyarakat.

Advertisement

“Jalan ini adalah jalan kabupaten yang mana jembatan di Nahaya Tembawang ini semestinya sudah dibangun karena merupakan jalur dan akses menuju Kecamatan Ngabang yang sangat penting,” kata Ir Sudianto, kepada redaksi ruai.tv, Selasa, 28 Mei 2024.

Foto: Bencana Alam Banjir Bandang menerjang Dusun Nahaya Tembawnag, Desa Amboyo Selatan, Kab.Landak pada 22 Mei 2024 Lalu. (Foto/ruai.tv)

Menurut Sudianto, kerusakan jembatan ini sebenarnya sudah berkali-kali disapaikan kepada pihak yang berwenang untuk diperbaiki bahkan dibangun secara permanen. Namun, hingga kini belum ada respon dari Pemkab Landak.

“Sebenarnya sudah berkali-kali disampaikan kepada pemerintah dengan berbagai macam usulan dan semestinya juga sudah terbangun, namun demikian kita melihat dan menyaksikan sendiri akibat dari kondisi jembatan di daerah ini seperti terbiarkan,” ujarnya.

Ia berharap, Pemkab Landak bersama perusahaan yang ada di sekitar itu untuk segera merespon apa yang menjadi keluhan masyarakat dusun nahaya tembawang. Hal itu penting sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami berharap kepada pemerintah daerah mohon segera direspon jembatan ini. Saya pikir pembanunannya tidak terlalu memakan biaya yang terlalu tinggi,” harapnya. (RED)

Advertisement