Arsip

Tanah Longsor di Sekadau, Jalan Desa Mungguk Amblas

Advertisement
SEKADAU, RUAI.TV – Tanah longsor terjadi di Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Kalimantan Barat, pada Rabu dini hari, 25 September 2024, sekitar pukul 02.30 WIB.
Longsor ini menyebabkan sebagian jalan di kawasan Masjid At-Takwa amblas.
Ketua Satgas Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Barat, Daniel, mengatakan bahwa berdasarkan laporan visual yang di terima pihaknya, kondisi jalan yang amblas berada di tepi sungai.
Di sekitar lokasi longsor juga terdapat permukiman penduduk. Namun, menurut Daniel, kawasan ini seharusnya tidak di peruntukkan sebagai wilayah hunian karena risiko tinggi bencana.
“Kami melihat tata ruang daerah tersebut sebenarnya tidak memungkinkan untuk adanya permukiman karena jalan di sana harus dibarau (diperbaiki),” ungkap Daniel, Rabu pagi.
Pihak BPBD Kalimantan Barat telah berkoordinasi dengan BPBD Sekadau untuk segera melakukan langkah penanggulangan.
Di antaranya adalah pemasangan rambu peringatan di sekitar lokasi longsor untuk menghindari bahaya bagi masyarakat yang melintas.
Selain itu, BPBD Sekadau juga telah diminta untuk bekerja sama dengan dinas terkait guna mencari solusi lebih lanjut terkait perbaikan jalan dan penanganan bencana di wilayah tersebut.
Peristiwa ini menambah daftar panjang bencana tanah longsor yang kerap terjadi di wilayah Kalimantan Barat, terutama di daerah yang berada di tepi sungai dan kawasan rawan longsor.
Advertisement