Arsip

Ribuan Warga Ikuti Shalat Idul Adha di Masjid Agung Sekadau

Suasana Shalat Idul Adha 1445 Hijriah di Masjid Agung Sultan Anom, Jalan Merdeka Timur Kilometer 7, Kota Sekadau. (Foto/ruai.tv)
Advertisement

SEKADAU, RUAI.TV – Ribuan masyarakat Kabupaten Sekadau mengikuti Shalat Idul Adha 1445 Hijriah di Masjid Agung Sultan Anom, Jalan Merdeka Timur Kilometer 7, Kota Sekadau, pada Senin pagi, 17 Juni 2024.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha di Masjid Agung Sultan Anom ini dimotori oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sekadau.

Ribuan warga mulai berdatangan ke Masjid Agung Sultan Anom sejak pukul 06.00 WIB. Mereka tidak hanya datang dari sekitar masjid, tetapi juga dari sejumlah daerah lainnya.

Advertisement

Sejak pagi, gema takbir sudah dikumandangkan oleh para jamaah. Tepat pukul 07.00 WIB, Shalat Idul Adha dilaksanakan dengan Imam Kyai Mudhlar.

Usai sholat, kegiatan dilanjutkan dengan khutbah oleh Khatib Samad Harianto, yang menekankan esensi peringatan Hari Raya Idul Adha.

Menurut Samad, Hari Raya Idul Adha menandai puncak pelaksanaan ibadah haji, yang merupakan ibadah penting bagi umat Islam dengan banyak nilai-nilai luhur.

“Salah satu nilai luhur ibadah haji adalah kesamaan derajat manusia di mata Allah SWT. Saat ibadah haji, tidak ada perbedaan antara pejabat dan masyarakat biasa. Semuanya memakai pakaian yang sama dan harus mengerjakan tata cara ibadah yang sama pula,” ujar Samad Harianto.

Jemaah shalat Idul Adha di Masjid Agung Sultan Anom Sekadau tidak hanya terdiri dari orang dewasa. Sejumlah anak-anak juga ikut serta bersama orang tua mereka datang ke masjid untuk melaksanakan sholat. (Bedu)

Advertisement