Arsip

Mahasiswa Diajak Aktif Awasi Pemilu

Satu diantara Peserta sedang mengikuti kegiatan Badan pengawas pemilu di Universitas Panca Bhakti Pontianak. (Foto/Ist)
Advertisement

PONTIANAK, RUAI.TV – Kalimantanh Barat menjadi salah satu tuan rumah dalam agenda Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia (RI).

Satu diantara lokasi pelaksanaan agenda ini adalah di Universitas Panca Bhakti (UPB). Komisioner Bawaslu Kalbar, Yosef Harry Suyadi menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari program Bawaslu RI yang di laksanakan secara nasional.

“Puji Tuhan Kalbar bisa menjadi tuan rumah, dan UPB menjadi salah satu tempat pelaksanaannya,” ujar Senin 19 Agustus 2024.

Advertisement

Bawaslu Kalbar telah melaksanakan beberapa kegiatan untuk mengajak partisipasi mahasiswa dalam pengawasan pemilu. Salah satunya adalah kegiatan “Bawaslu Ngampus” yang sebelumnya dilaksanakan di Kampus Untan.

Yosef menjelaskan bahwa Bawaslu memiliki beberapa program yang bertujuan untuk melibatkan mahasiswa, salah satunya adalah Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) dan program-program lainnya melalui kehumasan.

“Kita memaksimalkan peran adik-adik mahasiswa dalam pengawasan pemilu. Mereka di harapkan menjadi corong untuk menyampaikan norma dan regulasi pemilihan kepada masyarakat,” kata Yosef.

Ia juga menyoroti pentingnya pengawasan partisipatif di tingkat desa, yang diakui masih minim karena terbatasnya jumlah pengawas struktural.

Dalam kesempatan yang sama, seorang mahasiswa dari Ikatan Mahasiswa Muhammadyah, Rama, menyampaikan apresiasinya kepada Bawaslu yang telah mengadakan agenda ini.

Ia menegaskan bahwa mahasiswa siap berperan aktif dalam mengawal Pilkada yang netral di masa depan.

“Jika ada kecurangan, kami akan melaporkan ke pihak Bawaslu,” tegasnya.

Rama juga menambahkan bahwa meski proses Pilkada di Kalbar sejauh ini berjalan dengan baik, belum ada kejelasan terkait calon dan partai pengusung.

“Kita masih menunggu perkembangan lebih lanjut,” ujarnya.

Mahasiswa di harapkan tetap waspada dan proaktif dalam mengawasi jalannya Pilkada mendatang.(RED)

Advertisement