Arsip

Ketua Komisi V DPR RI Tinjau Kesiapan Pelabuhan Internasional Kijing

Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus bersama anggota pantau kesiapan Pelabuhan Internasional Kijing. (Foto/Ist)
Advertisement

MEMPAWAH, RUAI.TV – Ketua Komisi V DPR RI bersama anggota melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Internasional Kijing di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, pada Kamis, 20 Juni 2024.

Salah satu agenda utama kunjungan ini adalah untuk meninjau kesiapan pelabuhan terbesar di Pulau Kalimantan, yang baru saja diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Lasarus, yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat, mengatakan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk melihat persiapan pelabuhan. “Menurut Pelindo tadi, pelabuhan ini sudah siap, baik untuk curah kering, curah basah, maupun jual beli. Semua sudah siap,” ujarnya.

Advertisement

Namun, Lasarus juga mencatat adanya kendala terkait akses jalan menuju pelabuhan. “Saat ini akses jalan masih terbatas, sehingga untuk sementara peti kemas tidak dapat diangkut ke sini karena keterbatasan lebar jalan menuju dan keluar dari pelabuhan,” jelasnya.

Ia berharap kunjungan ini dapat mendorong pemerintah untuk mempercepat pembangunan akses jalan. “Itu juga permintaan dari Pelindo. Karena begitu jalan sudah lancar, kawasan ini akan disiapkan sebagai kawasan industri terintegrasi dengan pelabuhan,” tambahnya.

Menurut Lasarus, minat investor terhadap kawasan ini cukup tinggi. “Dari 200 hektare lahan yang disiapkan, 140 hektare sudah disewa oleh investor. Ini menunjukkan daya tarik investasi yang tinggi, sehingga mereka bisa memproduksi di sini dan mengirim barang ke seluruh dunia,” katanya.

Lasarus berharap pelabuhan ini dapat difungsikan dengan baik untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat.(RED)

Advertisement