Arsip

Bupati Kapuas Hulu Resmikan Instalasi Pengolahan Air di Bunut Hulu

Advertisement
KAPUAS HULU, RUAI.TV – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, meresmikan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Kecamatan Bunut Hulu pada Rabu (11/9/2024).
Instalasi tersebut terletak di Jalan Nanga Suruk – Benit KM 3,5, Desa Nanga Suruk, dan didanai oleh investasi PDAM Tirta Uncak Kapuas Putussibau.
Dalam sambutannya, Fransiskus Diaan, yang akrab disapa Sis, menyampaikan apresiasi kepada PDAM Tirta Uncak Kapuas atas kontribusi mereka kepada pemerintah daerah.
“Saya tidak khawatir ketika direktur PDAM ingin berkonsultasi atau mempresentasikan terkait investasi di Bunut Hulu. Saya sudah mengetahui rekam jejak beliau, jadi saya setujui rencana kerjanya,” ungkap Bupati Sis.
Lebih lanjut, Bupati Sis menegaskan bahwa masyarakat memiliki hak atas layanan air bersih, tetapi juga harus memenuhi kewajiban membayar iuran yang telah ditetapkan.
“Hak dan kewajiban harus seimbang. Tarif PDAM di Kapuas Hulu masih murah dibandingkan dengan kabupaten lain. Jika mengikuti aturan terbaru, tarif PDAM ini seharusnya sudah naik. Namun, kita lebih mengutamakan pelayanan kepada masyarakat daripada keuntungan,” jelasnya.
Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Uncak Kapuas, Saini Hadi, menjelaskan bahwa pembangunan IPA ini sudah menjadi bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kapuas Hulu.
“Mampu tidak mampu, kami harus menjalankan visi dan misi yang tertuang dalam RPJMD, salah satunya membangun sarana layanan air bersih di sini,” ujar Saini.
Ia juga menambahkan bahwa layanan air bersih ini sudah mulai beroperasi, dan akan terus dikembangkan hingga mencakup Dusun Benit dan daerah sekitarnya.
“Saat ini, sebagian aliran air sudah berjalan dengan baik, meskipun masih ada yang dalam tahap proses pengaliran,” pungkas Saini.
Advertisement