Arsip

BPBD Kalbar Ingatkan Bahaya Layang-Layang di Sekitar Bandara

Advertisement
PONTIANAK, RUAI.TV – Ketua Satgas Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Barat, Daniel, mengeluarkan peringatan terkait bahaya layang-layang yang banyak berterbangan di sekitar Bandara Supadio, Kabupaten Kubu Raya.
Peringatan ini disampaikan setelah adanya laporan dari operator waterbombing yang mengalami kendala saat akan mendarat.
Daniel menjelaskan bahwa saat mereka akan mendarat, ditemukan banyak layang-layang yang beterbangan di sekitar area bandara.
“Ini sangat berbahaya karena dapat menghambat proses pendaratan,” ujarnya kepada wartawan, Jumat malam, 13 September 2024.
Ia menambahkan bahwa layang-layang ini bisa melilit komponen pesawat, menyebabkan kerusakan, dan bahkan berpotensi menimbulkan kecelakaan.
Sebagai langkah antisipasi, Daniel meminta bantuan kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kubu Raya untuk memonitor aktivitas layang-layang di sekitar bandara.
“Kami mendorong Satpol PP untuk mengingatkan para pemain layang-layang agar tidak bermain di area yang dapat mengganggu operasi penanggulangan bencana asap,” jelasnya.
Ia juga menyarankan agar para pemain layang-layang diarahkan ke tempat yang lebih aman, yang tidak berada di sekitar bandara.
“Jika memang layang-layang sudah menjadi hobi yang sulit dihentikan, setidaknya diarahkan ke tempat yang tidak mengganggu,” tambahnya.
Peringatan ini penting mengingat operasi waterbombing yang sedang berlangsung adalah upaya penanggulangan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Barat.
“Keselamatan dan kelancaran operasi ini adalah prioritas kita semua,” tutup Daniel.
Advertisement