Upacara Adat Naik Dango Ke 33 Resmi Dibuka

Upacara Adat Naik Dango Ke-33 Yang Tahun Ini Diadakan Di Rumah Radakng Desa Lingga Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya Resmi Dibuka Oleh Presiden Majelis Adat Dayak Nasional Cornelis Jumat Pagi. Pembukaan Upacara Adat Naik Dango Ke-33 Di Rumah Radakng Desa Lingga Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya Ini Diawali Dengan Ritual Adat “Nimang Padi” sebagai gambaran bagaimana masyarakat khususnya dayak kanayatn berinteraksi dengan Jubata Atau Tuhan Dengan Sesama Manusia Dan Dengan Lingkungan Sekitarnya.
Usai ritual adat Nimang Padi upacara dilanjutkan dengan penyampaian Panompo’ Oleh Masing-Masing Kontingen Yang Berasal Dari 25 Kecamatan Dari Tiga Kabupaten Yaitu Kubu Raya Landak Dan Mempawah sementara total peserta naik dango ke-33 dari 25 Kecamatan Dari Tiga Kabupaten Itu Sekitar 2700 Orang. Panompo’ yang dibawa para kontingen ini adalah bentuk sesajian yang diberikan kepada tuan rumah pelaksanaan naik dango yang tujuannya untuk meringankan beban dengan memberikan Panompo atau upeti berupa hasil pertanian dan peternakan kepada tuan rumah yang mengadakan upacara.
Presiden majelis adat dayak nasional Cornelis meminta agar Upacara Adat Naik Dango ini terus diadakan setiap tahunnya karena sebagai salah satu upaya untuk menjaga ketahanan dan kedaulatan pangan di tengah masyarakat khsusunya masyarakat dayak Kanayatn Di Tiga Kabupaten Yaitu Landak Mempawah Dan Kubu Raya. Dalam kesempatan ini Cornelis juga meminta kepada masyarakat untuk memastikan Pilkada Kalbar 2018 berjalan aman dan kondusif dan tidak menyebarkan dan terprovokasi oleh berita-berita hoax.
Upacara adat naik dango ke-33 yang merupakan bentuk ucapan syukur kepada jubata atau tuhan atas hasil panen ini berlangsung dari 27 hingga 29 april 2018 diisi dengan berbagai perlombaan tradisional sebagai bentuk upaya pelestarian tradisi dan budaya di tengah derasnya arus globalisasi saat ini.
Ruai tv – 27 April 2018