Semangat Sumpah Pemuda Melalui Upacara Dalam Laut

BENGKAYANG – Sebagai ungkapan semangat memperingati hari sumpah pemuda ke-91 tahun, Senin 28 Oktober 2019, sebanyak 31 pemuda pemudi seluruh Indonesia membentangkan merah putih raksasa diatas laut Pulau Lemukutan, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat, dari 25 hingga 27 Oktober 2019.

Kegiatan tersebut dinamakan program rona nusantara berkerjasama dengan Pesona Indonesia dan Rumah Zakat.

Pada momentum hari sumpah pemuda ini, 31 pemuda mengibar dan membentangkan merah putih raksasa di atas laut, bersosialisasi dan mengedukasi anak nelayan, ekonomi produktif ciri khas pulau lemukutan hingga penancapan plang itulah acara rona nusantara.

Rona nusantara menghadirkan ragam edukasi dan pengalaman berharga bagi mereka yang menjadi peserta, keindahan wisata tak lupa mereka nikmati dengan melihat terumbu karang serta hewan laut yang ada di pulau lemukutan dengan bersnorkling. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan dengan memberikan 12 tong sampah dengan memilah organik dan non organik.

“Mari sukseskan rona nusantara berikutnya, ikuti terus dan nikmati keindahan Indonesia. Dari Kalbar untuk Indonesia, pesona Indonesia,” kata Ketua Rumah Zakat Kalbar, Azrul Putra Ananda melalui rilisnya yang disampaikan ke ruai.tv, Senin (28/10) pagi.

Adapun ukuran merah putih yang dibentangkan tersebut 20M X 8M diatas laut lemukutan, dikibarkan oleh 31 pemuda pemudi se Indonesia yang hadir menjadi peserta rona nusantara.

“Teriakan siapa kita Indonesia, maka didalamnya ada semangat pemuda yang menyuarakan persatuan, bukan saja golongan tua yang wajib membangun negeri tetapi kita generasi muda harus ikut serta membangun dan menjaga NKRI,” Ujar Azrul.

“Selamat hari sumpah pemuda, Indonesia dari pemuda Indonesia”. (Red).