Pekerja Asing Di Indonesia Hanya 0,1 Persen

Menteri Ketenagakerjaan Menyatakan Jumlah Tenaga Kerja Asiang Di Indonesia Masih Sangat Kecil. Menurut menaker berdasarkan data hingga akhir 2017 jumlah TKA di Indonesia sebanyak 85 ribu orang sehingga masih sangat sedikit bahkan tidak sampai satu persen dibandingkan jumlah penduduk Indonesia.
Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri Mengatakan Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing Hanya Untuk Menyederhanakan Proses Tka Yang Telah Memenuhi Syarat Ketika Akan Bekerja. Melalui Perpres Ini Izin Mereka Bisa Dikeluarkan Dalam Waktu Singkat. Menurut Hanif jumlah Tenaga Kerja Asing Di Indonesia sebenarnya masih sangat kecil.
Berdasarkan data yang dihimpun hingga akhir 2017 jumlahnya berada dikisaran 85 ribu orang sehingga sangat kecil bahkan tidak sampai satu persen dibandingkan jumlah keseluruhan Penduduk Indonesia. Sementara jika dibandingkan dengan TKA di negara lain persentasenya hanya dikisaran kurang dari 0,1 persen. Hanif menjelaskan TKA yang ada di Uni Emirat Arab persentasenya mencapai 94,5 persen Thailand 4,5 persen Hongkong 6,6 persen dan Vietnam 0,4 persen. Berdasarkan persentase tersebut Indonesia masih terbilang kecil dalam hal penggunaan TKA.
Sementara terkait angka Tenaga Kerja Asing Di Indonesia dibandingkan dengan Tenaga Kerja Indonesia yang di Luar Negeri menurut Hanif jumlahnya juga masih sangat jauh. Berdasarkan data world bank dan Badan Pusat Statistik pada akhir 2017 jumlah TKI mencapai sembilan juta orang.
Ruai tv – 13 Mei 2018