Makam Keramat Sembilan Cagar Budaya Yang Terabaikan

Kabupaten Ketapang Memiliki Makam Keramat Yang Menjadi Bukti Sejarah Penyebaran Agama Islam Di Kalimantan Barat.

Namun Sayang Kondisi Makam Yang Berada Di Desa Negeri Baru Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang Itu Saat Ini Memprihatinkan.

Inilah Makam Keramat Sembilan Yang Merupakan Permakaman Tua Di Jalan Pangeran Kusuma Jaya Desa Negeri Baru Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang.

Makam Keramat Ini Adalah Situs Cagar Budaya Yang Telah Ada Sejak 700 Tahun Silam Atau Pada Tahun 1416 Saka.

Situs Cagar Budaya Yang Satu Ini Menyimpan Sebuah Cerita Tentang Bukti Sejarah Tertua Penyebaran Ajaran Agama Islam Di Kalimantan Barat.

Menurut Juru Kunci Makam Abdul Muis Dinamakan Makam Keramat Sembilan Karena Dahulu Di Lokasi Ini Terdapat Sembilan Makam Dimana Salah Satunya Adalah Makam Syeh Kutub Yang Dipercaya Masyarakat Adalah Salah Satu Orang Yang Pertama Kali Menyebarkan Ajaran Islam Di Kabupaten Ketapang.

Pada Momen Tertentu Komplek Makam Ini Ramai Dikunjungi Para Wisatawan Bahkan Ada Yang Datang Dari Luar Negeri Seperti Dari Malaysia Hingga Amerika Serikat.

Makam Keramat Sembilan Ini Juga Sekaligus Sebagai Laboratorium Sejarah. Pasalnya Di Makam Ini Banyak Ditemukan Artefak Sejarah Masa Lampau Yang Mengacu Pada Bukti Sejarah Kerajaan Tanjungpura Kalimantan Barat.

Namun Sayang Kondisi Situs Budaya Ini Kurang Terawat Dan Kurang Mendapatkan Perhatian Dari Pemerintah Daerah Setempat.

Meski Sudah Pernah Melaporkan Kondisi Bangunan Makam Kepada Dinas Terkait Untuk Keperluan Renovasi Namun Hingga Saat Ini Belum Mendapatkan Tanggapan.

Ruai tv – 27 Agustus 2018