Lomba Pangkak Gasing Yang Terus Dilestarikan

Hingga kini lomba pangkak gasing terus dilestarikan salah satunya pada Pekan Gawai Dayak Ke-33 Tahun 2018 yang berlangsung di Rumah Radakng Pontianak.

Lomba ini dibagi dalam dua kategori yaitu perorangan dan beregu. Seperti inilah perlombaan pangkak gasing yang digelar di Pekan Gawai Dayak Ke-33 Tahun 2018 yang saat ini masih berlangsung di Rumah Radakng Jalan Sutan Syahrir Pontianak.

Lomba ini bertujuan untuk melestarikan dan menggali nilai-nilai budaya yang ada di masyarakat khususnya dayak serta mencari bibit-bibit generasi anak muda khususnya anak muda dayak dalam bermain gasing di Kalimantan Barat.

Lomba pangkak gasing ini dibagi menjadi dua kategori yaitu perorangan yang diikuti 24 orangdan beregu yang diikuti 10 regu.

Untuk lomba ini, panitia mewajibkan para peserta, mengunakan pakaian dayak daerah masing-masing.

Sementara itu, salah satu peserta lomba dari sanggar sari budaya, mardoni silasa sangat mendukung lomba, yang menurutnya bagian keunikan dari masyarakat dayak ini.

Untuk beregu, juara pertama pangkak gasing diraih DAD Kabupaten Kapuas Hulu, juara kedua dari Sanggar Patamuan Banuaka, dan juara ketiga diraih Sanggar Terabai. Sementara untuk perorangan, juara pertama diraih Jodi dari DAD Kabupaten Kapuas Hulu, juara kedua Januarius Fitrian dari Sanggar Patamuan Banuaka, dan juara ketiga diraih Gabriel Kamiyu, dari Sanggar Sari Budaya.

Ruai tv –22 Mei 2018