Gawai Naik Dango Di Dusun Tauk Kecamatan Air Besar

Selain di Kabupaten Bengkayang gawai juga di lakukan oleh masyarakat Sub Suku Dayak Kenayatn di Dusun Tauk Desa Angkangin Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak.

Acara gawai di daerah ini di lakukan dari 2 hinnga 7 Juni 2018. Berikut video kiriman jurnalis warga.

Saudara ini adalah video kiriman jurnalis warga Daya Belangan terkait gawai dayak yang di lakukan oleh masyarakat Sub Suku Dayak Kanayatn yang terdapat di Dusun Tauk Desa Angkangin Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak.

Gawai yang di lakukan ini samahampir memiliki sama dengan daerah lain yaitu sebagai bentung ungkapan rasa syukur masyarakat kepada tuhan yang maha esa atas hasil panen padi yang di peroleh selama proses berladang sekaligus sebagai upaya pelestarian adat dan budaya yang di wariskan oleh leluhur mereka.

Untuk mengisi acara gawai dayak ini diisi dengan berbagai kegiatan adat dan permainan tradisional seperti nari notok jonggan berimah dan pencak silat.

Selain dihadiri oleh masyarakat setempat gawai ini juga dihadiri oleh Kepala Desa Kapolsek Air Besar Perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Landak termasuk tamu manca negara.

Sebelum mengelar gawai terlebih dahulu dilakukan berbagai persiapan oleh panita dan masyarakat setempat seperti gotong royong menyiapkan panggung untuk hiburan termasuk setiap kepala keluarga harus menyumbang perlengkapan seperti beras termasuk unag untuk suksesnya acara gawai ini.

Diharapkan tradisi gawai naik dango ini terus dilestarikan segingga budaya tak akan punah ditelan zaman.

Ruai tv – 5 juni 2018