Presiden Jokowi Kunjungi Kalteng

PALANGKA RAYA – Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (9/4).

Kunjungan Presiden ini dikawal ketat oleh TNI dan Polri. Bahkan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab turun langsung memimpin pengamanan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ini.

Di mulai dari kedatangan Presiden dan rombongan di Bandara Tjilik Riwut.

Pangdam XII/Tpr bersama Gubernur Kalteng dan unsur Forkopimda Prov. Kalteng melakukan penyambutan selamat datang.

Tiba di Bandara Tjilik Riwut Presiden melakukan peninjauan sejumlah ruangan, dilanjutkan meresmikan pengoperasian terminal baru Bandara Tjilik Riwut. Presiden didampingi Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo, Menhub Budi Karya Sumadi, Menperin Airlangga Hartarto, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran meresmikan Bandara termegah di Bumi Tambun Bungai ini.

Sebelumnya Empat tahun lalu bandara Tjilik Riwut di Palangka Raya hanya bisa melayani 600 an penumpang setiap harinya dengan terminal yang luasnya kurang dari 4000 meter persegi. Wajah terminal bandara lama itu sudah berganti baru, megah dan besarnya tujuh kali lipat dengan luas 29.124 meter persegi dan dapat melayani sampai 2.200 orang setiap hari. Pembangunan bandara Tjilik Riwut ini dikerjakan selama 4,5 tahun dengan anggaran sepenuhnya dari APBN

Dalam kegiatan, Paspamres serta aparat gabungan TNI-Polri melaksanakan pengamanan terhadap jalannya acara di bawah pimpinan Pangdam XII/Tpr selaku Panglima Komando Operasi (Pangkoops) Pengamanan VVIP, dan Kapolda Kalteng, Irjen Pol Anang Revandoko, selaku Wakil Pangkoops Pengamanan VVIP.

Selama berada di wilayah Kalimantan Tengah Presiden dan Ibu Negara mendapat pengawalan penuh dari personel gabungan TNI-Polri dan institusi terkait lainnya.

Pengerahan personel gabungan TNI-Polri dan institusi terkait lainnya Sudah Sesuai SOP untuk operasi pengamanan VVIP ini disampaikan Pangdam XII/Tpr melalui Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, disela mendampingi Pangdam XII/Tpr memimpin pasukan operasi pengamanan VVIP kemarin. (Red).