Jokowi-Ma’ruf Amin Unggul dari Prabowo-Sandi di TPS Rumah Sakit Jiwa

SINGKAWANG – Proses pemungutan suara pemilu 2019 di TPS 9 tepatnya di rumah sakit jiwa provinsi Kalbar yang terletak di Kecamatan Singkawang Timur, berlangsung aman dan lancar, Rabu (17/4) pagi.

Sejumlah orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ sejak pukul 07.00 WIB, sudah standby menunggu panggilan dari panitia petugas KPPS untuk memberikan hak suaranya di bilik suara.

Humas RSJ provinsi Kalbar, Libertus Yonas mengatakan, jumlah pasien ODGJ yang akan memberikan hak suaranya pada hari H pemilu 2019 adalah sebanyak 181 orang. Terdiri dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 7 orang dan jumlah daftar pemilih tambahan sebanyak 174 orang.

Sehingga totalnya ada sebanyak 181 orang ditambah pegawai RSJ sebanyak 13 orang.Berdasarkan hasil perhitungan panitia pemilihan, di TPS 9 ini Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin unggul 27 suara dari pasangan Prabowo-Sandi atau Capres Nomor urut 01 memperoleh 44 suara dan Capres nomor urut 02 memperoleh 17 suara.

Yonas menambahkan, secara umum para pasien ODGJ yang memberikan hak suaranya pada pemilu 2019, berasal dari berbagai daerah yang ada di Kalbar. Diapun mengakui selama proses pemungutan suara berlangsung aman dan lancar. (Red).