Dewan Hakim STQ Ke XXV Resmi Dilantik

SINGKAWANG – Penjabat (Pj) Seketaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Syarif Kamaruzaman melantik Dewan Hakim Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke XXV Tingkat Provinsi Kalbar tahun 2019.

Sambutan Gubernur Kalbar yang di bacakan Pj. Sekda Syarif Kamaruzaman, meminta untuk para Dewan Hakim STQ menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya sehingga mendapatkan para kafilah yang baik dan berkualitas guna mengharumkan nama daerah Kalbar.

“Saya minta para dewan hakim menjalankan amanahnya sebaik mungkin sehingga penyelenggaraan kompitisi STQ XXV dapat berlangsung dengan jujur, adil, sportif dan tentunya yang menjadi harapan kita bersama adalah terciptanya kompetisi dan seleksi yang berkualitas,” ungkap Syarif Kamaruzaman saat acara pelantikan Dewan Hakim dan Malam Ta’aruf STQ XXV tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2019 di Kota Singkawang, Jumat (26/4).

Kegiatan STQ ke XXV tahun 2019 ini menurutnya, sebagai ajang kompetisi untuk mendapatkan bibit berbakat dan berprestasi di bidang seni baca dan hafal Kitab Suci Al-Qur’an dapat diselenggarakan.

“Bukan karena tuntutan ritual dan rutinitas semata-mata namun lebih kepada upaya membangun semangat dan motivasi untuk mempelajari, memahami dan mencintai Kitab Suci Al-Qur’an yang merupakan pedoman hidup yang menuntun jalan kehidupan baik di dunia maupun akhirat,” ujarnya.

Dengan melibatkan kepesertaan dari seluruh Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Barat, tentunya kegiatan ini sangat dibutuhkan untuk mengukur kemajuan masyarakat muslim Kalbar di bidang penguasaan kandungan dan pemahaman seni baca serta Al-Qur’an.

“Disamping itu kegiatan ini akan menjadi ajang seleksi bagi seluruh peserta dari Kabupaten/Kota untuk menjadi wakil provinsi kalbar dalam ajang STQ di tingkat Nasional di Kota Pontianak yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni sampai dengan 6 Juli 2019,” tuturnya.

Masyarakat dan Pemerintah Provinsi Kalbar sangat mengharapkan munculnya qari dan qariah yang mampu mengukir prestasi di tingkat Nasional. (Red).