Arsip

Polisi Amankan Seorang Pria Karena Memilihara Satwa Dilindungi

Advertisement

MEMPAWAH – Seorang pria warga kabupaten Mempawah, terpaksa harus berurusan dengan aparat kepolisian. Pria berinsial LKT ini kedapatan menyimpan dan memelihara satwa yang di lindungi dirumahnya.

Sebanyak 15 burung Kasturi diamankan petugas dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalbar, Rabu (20/1).

“Hari Senin 18 Januari 2021 petugas melakukan pengungkapan kasus yang berkaitan dengan konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya. Yaitu mengamankan seorang pria berinisial LKT alias A, yang diketahui memiliki dan memelihara satwa berkategori di lindungi tanpa izin,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes Pol Juda Nusa Putra.

Advertisement

Ia menjelaskan, pengungkapan diawali dari adanya informasi dari masyarakat bahwa di daerah kecamatan Mempawah Hilir ada warga yang memelihar burung Kasturi. Menindaklanjuti informasi tersebut, petugas dari Subdit IV melakukan penyelidikan dan mendatangi rumah terduga pelaku.

Dari pemeriksaan, LKT mengaku mendapati burung Kasturi kepala hitam tersebut pada lima tahun lalu yang ia beli berjumlah dua ekor dan selanjutnya oleh pelaku di pelihara dan di kembangbiakan hingga sekarang menjadi 15 ekor.

“Saat ini pelaku masih menjalani pemeriksaan oleh penyidik Direktorat Reskrimsus Polda Kalbar, sedangkan untuk barang bukti di titipkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alamat Provinsi Kalbar,” tambahnya.

LKT terancam dikenakan pasal 40 ayat (2) Jo Pasal 21 Ayat (2) huruf a undang-undang nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, dengan ancaman paling lama 5 tahun penjara dan denda paling banyak 100 juta rupiah.(Red).

Advertisement