BMKG Sebut Ada Getaran Tanah Sebanyak 6 Kali di Landak

PONTIANAK – Berdasarkan laporan masyarakat dan Tim TRC BPBD yang di rilis oleh BMKG, Sabtu (1/9) telah terjadi getaran tanah, Dusun Lintah Desa Keranji Mancal, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Pada Sabtu, 9 Januari 2021 pukul 08.00 Wib dan 13.40 Wib.

Total getaran 6 kali. Kronologis : Terjadi getaran tanah disertai dentuman di dalam tanah.

“Hasil pemantauan Pusat Gempa BMKG berdasarkan data dari Stasiun SSKI (Singkawang), STKI (Sintang) dan Stasiun lain pada pukul 08.00 WIB dan pukul 13.40 WIB tidak terindikasi adanya kejadian gempabumi,” tulis BMKG dalam rilis resminya.

Berdasarkan data akumulasi curah hujan yang teramati pada GSMAP telah terjadi hujan intensitas lebat lebih dari 50mm/hari pada tanggal 7 dan 8 Januari 2021. Potensi hujan lebat di wilayah Kalimantan Barat diprakirakan masih akan berlangsung hingga tanggal 14 Januari 2021.

Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh hujan yang disertai petir dan angin kencang seperti pohon tumbang, jalan licin dan sebagainya.

“Waspadai potensi angin kencang terutama pada siang hingga sore hari di pesisir barat Kalbar. Diprakirakan cukup panjangnya periode hujan lebat tersebut mengindikasikan adanya potensi terjadinya genangan, banjir dan tanah longsor khususnya pada wilayah yang sering terdampak bencana tersebut.”.(Red).