Arsip

Effendi Buhing Harap Kasus Kinipan Segera Berakhir

Advertisement

PONTIANAK – Ketua Komunitas Adat Laman Kinipan, Efendi Buhing menyampaikan kondisinya saat ini yang sedang dalam tanahan Polres Kobar, Polda Kalteng. Efendi Buhing menyampaikan bahwa saat dirinya ditangkap hingga berada di Kantor Polisi diperlakukan dengan baik oleh aparat, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terhadap kondisinya.

“Perlu saya sampaikan bahwa pada hari ini saya dalam keadaan sehat. Saya pada hari ini ada di Polres Kobar bersama dengan aparat dari Polda Kalteng. Berkaitan dengan masalah kemarin ada miss komunikasi sedikit dan itu situasional sifatnya dan saya pun memaklumi dan pihak kepolisian juga memaklumi situasi dan kondisinya seperti itu,” kata Ketua Komunitas Adat Laman Kinipan, Effendi Buhing, Kamis (27/8) siang.

Effendi Buhing memastikan bahwa selama ditahan ia diperlakukan dengan baik, sehingga tidak ada kesan yang menakutkan, termasuk kata-kata yang kurang pantas dari aparat yang menanganinya.

Advertisement

“Bagi saya ini merupakan pengalaman dan pembelajaran bagi kita semua. Kita ambil hikmahnya saja dan saat ini saya diperlakukan dengan baik, ini habis ngopi-ngopi, dikasi makan. Ya jadi tidak ada kesan yang artinya menakutkan atau misalnya kata gebukan itu tidak ada, kata-kata kasar pun tidak ada,” jelasnya.

Meski dalam keadaan baik selama masa tanahan di Polres Kobar, Effendi Buhing juga berharap agar kasus yang terjadi antara masyarakat adat Laman Kinipan bersama PT Sawit Mandiri Lestari (SML) segera berakhir dan kasus yang terjadi dapat diselesaikan dengan baik agar tidak ada pihak yang saling dirugikan.

“Jadi itu yang saya sampaikan dan dengan hal ini saya berharap agar kasus ini bisa berakhir, kasus Kinipan ini yang cukup menyita pihak kepolisian juga, saya sendiri dan masyarakat luas agar kasus ini bisa diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Mencari win win solution, pihak pemirintah, pengusaha dan juga masyarakat tidak saling merugikan,” harap Ketua Komunitas Adat Laman Kinipan itu.

Effendi Buhing juga meminta kepada semua pihak yang peduli terhadap Kinipan, agar bisa menahan diri dan menjaga emosi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diingikan sehingga dapat menimbulkan maslaah baru, karena pada Kamis (27/8) siang ini, kemingkinan dirinya akan keluar dari tahanan dan akan kembali ke Kinipan.

“Dan juga perlu saya sampaikan dengan kawan-kawan dan semua orang yang peduli dengan Kinipan, artinya supaya bisa menahan diri, menahan emosi, juga semunya bisa kita tahan, karena saat ini pertama saya baik-baik saja, tidak ada masalah, dan siang inipun saya mungkin saya kembali ke Kinipan, jadi saya mohon dengan kawan-kawan yang peduli Kinipan siapapun, dimanapun berada, supaya kita tidak membuat gerakan ataupun tindakan yang merugikan kita sendiri maupun persatuan dan kesatuan kita,” pintanya.

Bertepatan dengan hari ulang tahunya yang ke-51, Effendi Buhing juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan doa semua pihak yang peduli terhadap dirinya.

“Karena saya sehat saja sampai hari ini diperlakukan dengan baik dan mudah-mudahan kasus ini segera kita akhiri, bisa ada jalan penyelesaiannya, jadi itu yang dapat saya sampaikan dan himbauan saya dan juga terima kasih atas dukungan dan doanya. Oh ya hari ini saya genap 51 tahun, terima kasih juga ada yang menyampaikan selamat ulang tahun buat saya hari ini,” pungkasnya.(Red).

Advertisement